Minggu, 27 November 2011

JOIN AFFILIATE STRATEGI JITU DAPATKAN RUPIAH OR DOLLAR


Apa itu affiliate

affiliate dalam kamus english-indonesia di artikan “sebagai cabang,bergabung, atau menggabungkan diri”. Dalam dunia online ada istilah Online Trading (perdagangan secara online) dan kegiatan bisnis/usaha yang biasa disebut Online Business (bisnis/usaha secara online) sedangkan affiliate marketing merupakan bagian dua kegiatan tersebut . affiliate marketing terdiri dari dua kata yaitu affiliate dan marketing. Marketing berasal dari kata market yaitu pasar, menambahan ing diartikan sebagai pemasaran, perdagangan, belanja/berbelanja. Edy Trisusanto Para perantara dagang, Broker, Agen atau Reseller di dalam kegiatan Online Trading dan Online Business biasanya disebut Affiliate. Untuk bisa menjalankan bisnis ini seorang affiliate harus memiliki produk/program. Menurut Edy Trisusanto Affiliate Program adalah kegiatan penawaran dan pemasaran produk dagangan atau jasa di dalam perdagangan atau bisnis online yang  diserahkan kepada pihak Affiliate.
Jadi affiliate marketing adalah memasarkan/perantara produk/program orang lain dan kita akan mendapatkan komisi dari penjualan produk/program tersebut. Bisnis affiliate marketing dapat pula dikatakan makelarnya online/reseller/distributor/agen yang untuk menjalankan memerlukan koneksi internet.


Keuntungan affiliate marketing
1.      Tidak ada biaya produksi
Tingginya biaya untuk mengembangkan dan membuat produk baru umumnya mencegah banyak orang untuk membuat produk sendiri. Dengan affiliate marketing, biaya produksi bukanlah sebuah masalah karena produk sudah dikembangkan dan sudah terbukti - dengan uang merchant.
2.      Biaya awal yang rendah
 Dibandingkan dengan membangun sebuah toko di pinggir jalan, menjadi seorang affiliate marketer hanyalah sebuah meja, komputer yang terkoneksi internet dan beberapa software bantu.
3.      Tidak ada biaya atau lisensi  
Seorang distributor di dunia nyata seringkali harus membayar biaya lisensi untuk dapat memasarkan produk di area tertentu yang terbatas. Program affiliate berkebalikan, umumnya gratis untuk bergabung dan area yang menjadi target pemasaran tidak terbatas.
4.      Dapat menjual apa saja
Di negara modern dan maju, hampir semua barang dibeli secara online. Di masyarakat negara berkembangpun banyak barang mulai dibeli secara online seperti buku, software, elektronik, CD dan lain-lain. Ada puluhan ribu program affiliate yang bisa Anda pilih untuk dipromosikan.
5.      Tidak membutuhkan pengalaman sales / menjual
Ketika anda memulai affiliate marketing, Anda tidak membutuhkan pengalaman sales. Umumnya merchant menyediakan materi marketing yang bagus yang dapat digunakan di website affiliate yang kita buat.
6.      Tidak perlu ada karyawan
Setiap orang yang pernah membuat bisnis pasti tahu bagaimana rasanya memiliki karyawan. Saya pribadi pernah memulai perusahaan yang memiliki hanya 2-3 karyawan sampai dengan perusahaan yang memiliki lebih dari 50 karyawan. Jika saya bisa memilih, saya ingin memiliki omset perusahaan besar, tanpa ada karyawan, hidup akan terasa lebih menyenangkan  Hal itu dimungkinkan dengan bisnis affiliate marketing.
7.      Tidak menanggung biaya pemrosesan order
8.      Untuk memproses order secara online, merchant perlu membayar biaya merchant account, fee pemrosesan kartu kredit, fee bila terjadi kartu kredit fraud / curian, fee refund / pembatalan order dll. Sesuatu yang tidak perlu ditanggung atau dipusingin oleh seorang affiliate marketer.
9.      Tidak perlu ada stok barang
Sebagai seorang affiliate marketer, Anda dapat menjual item besar seperti furniture, barang elektronik tanpa perlu pusing dengan tempat stok barang.
10.  Tidak perlu memproses order Lupakan masalah yang bisa timbul karena mengumpulkan nama, alamat, kartu kredit dan lain-lain. Merchant yang menghandle semua itu.
11.  Tidak perlu repot melakukan pengiriman
Biaya dan keruwetan untuk menyiapkan dan mengirim produk ke pelanggan di seluruh dunia benar-benar menakutkan saya. Saya pernah di bisnis produksi kaset training pembicara top di Indonesia. Saat order lagi banyak-banyaknya, saya harus lembur-lembur untuk menyiapkan dan mengirim barang ke pemesan walaupun saya sudah ada karyawan untuk membantunya.
12.  Tidak perlu ada Customer Service
Punya pelanggan adalah hal yang bagus, tetapi saat harus menghadapi komplain pelanggan dan kadang-kadang memang ada pelanggan yang benar-benar bawel dan cerewet, Anda akan bersyukur sebagai affiliate marketer karena merchant Anda yang harus menangani semua itu.
13.  Menghasilkan uang ketika anda tidur
Bisnis seperti apa yang memungkinkan Anda terus beroperasi 24 jam selama 365 hari walaupun Anda sedang tidur, pulang ke rumah dan bahkan liburan ?
14.  Pasar seluruh dunia
Internet adalah pasar terbesar di dunia. Anda bisa mendatangkan visitor / pengunjung ke toko online Anda dari seluruh dunia.
15.  Bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah seringkali menjadi impian bagi banyak pekerja yang harus menghabiskan waktu lama hanya untuk sampai ke tempat kerja. Orangtua jadi punya waktu yang lebih banyak untuk keluarga saat bekerja dari rumah.
16.  Bekerja darimana saja di dunia
Ini adalah salah satu alasan utama saya melakukan affiliate marketing. Saya ingin travelling ke manca negara dan seluruh indonesia dan tetap bisa memonitor bisnis saya dengan sebuah laptop yang terkoneksi internet.
17.  Resiko kecil
Jika Anda tidak berhasil mendapat income dari produk yang Anda promosikan, buang saja, ganti denga produk lain dengan mengganti link di website Anda. Cuma itu saja. Tidak ada kontrak / komitmen yang mengharuskan Anda menjual produk tertentu.
18.  Potensi penghasilan yang besar
potensi income yang Anda hasilkan tergantung kerja keras Anda dan impian Anda. Seperti yang saya bilang di awal, ada affiliate marketer yang menghasilkan ratusan ribu US dollar atau Milyaran rupiah per bulan, bukan per tahun. Tetapi ada juga affiliate marketer yang puas dengan hasilkan sepuluh juta rupiah per bulannya. Itu pilihan Anda sendiri.
Macam-macam affiliate marketing
1)      Pay Per Sale (PPS)
Anda memperoleh komisi pada saat seseorang membeli produk-jasa melalui affiliate link anda. Seperti : ebook affiliate marketing dan ebook google adsense.
2)      Pay Per Lead (PPL)
Anda mendapat komisi bila orang yang anda referensikan mendaftar menjadi free member (calon prospek) dari pemilik program affiliate. Dan bila nanti free member tersebut menjadi subscribe member (membeli produk) dari pemilik program affiliate, anda akan mendapatkan tambahan komisi berdasarkan penjualan produk.
3)      Pay Per Click (PPC)
Anda mendapatkan komisi bila seseorang hanya melakukan klik saja. Contohnya seperti NegeriAds.com, Kumpulblogger.com dll.
4)      Recurring Program
Anda mendapatkan komisi secara berkala, biasanya komisi yang didapat setiap satu bulan sekali. Contoh: ebook SEO.
5)      Pay Per Search
Anda mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui kotak search yang anda tempatkan di situs anda dan mereka melakukan klik pada salah satu link dari hasil pencariannya.Seperti: google adsense search.
6)      Hybrid Program
Sistem pembayaran komisinya merupakan kombinasi dari beberapa program.

DAFTAR PUSTAKA

Tj Mobile. 2005. PockeDict versi 1.0.
Tanpa nama. Apa Itu Affiliate Marketing dalam http://prospekbisnisonline.blogspot.com/2009/08/belajar-menjadi-affiliate-marketing.html
Sukarto. 2008. Kelebihan Affiliate Marketing dalam http://belajarbisnisinternet.com/2008/17-kelebihan-affiliate-marketing/
Edy Trisusanto. Apa itu Affiliate Program? dalam http://www.ooh-gitu.com/dunia-maya/60-internet-marketing/189-affiliate-program

0 komentar:

Posting Komentar

خَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan,(maryam:59)